Saturday, January 23, 2010

15 Buku yang Aku Ingat dan Berpengaruh


Awalnya ga begitu ngeh, waktu dapet tag “notes” dari beberapa orang temen soal “15 buku yang paling kamu ingat”. Hehehe...secara kalimat pembukanya pake bahasa inggris, jadi rada males duluan, eh ternyata tulisan dalam bahasa Indonesia. Baru ngeh, setelah dikandani [dikasih tau_jawa red] ma Mba Sinta:D
15 buku yang paling saya ingat? Mungkin saya lebih suka menuliskan 15 buku yang cukup berkesan dan membawa sedikit banyak perubahan dalam hidupku alias membekas.


1. The Magic Of Thinking Big [David J Scarwd]
Buku ini membawa banyak perubahan dalam hidup saya, membuat saya lebih percaya diri, berfikir positif dan optimis dalam memandang kehidupan ini. Termasuk pembaca yang lain seperti Ary Ginanjar yang menuliskan buku ESQ. Pertama kali membaca minjem punya temen kos, waktu jamannya ngekos awal-awal kuliah tahun pertama.


2. The Swordless Samurai [Kitami Masao]
Buku ini saya dapet dari Mbak Tiya, kado milad kemaren. Ehmmm buku yang sangat menginspirasi tentang arti sebuah pengabdian dan kepemimpinan. Sejak buku itu saya terima, sering sekali saya gunakan untuk sharing materi di agenda briefing pagi di kantor.


3. Kartun Beny n Mice [Beny dan Mice]
Kata orang “sesuatu itu juga tergantung bagaimana menyampaikannya” contohnya dua orang tokoh ini, Beny dan Mice. Mencoba memberikan kritik sosial dengan cara mereka yang cenderung konyol dan menghibur. Apalagi dipadukan dengan gaya karikatur yang mereka gunakan dan sangat kuat karakternya membuat pesan yang disampaikan sangat mudah dipahami dan menghibur. Alhamdulillah,bisa mengkoleksinya dari seri pertama sampai dengan yang terakhir.


4. Tetralogi Laskar Pelangi [Andrea Hirata]
Dari seri satu sampai ke empat, termasuk kaosnya. Filmnya pun tak ketinggalan saya tonton. Saya tidak begitu ngefans dengan Andrea Hirata, akan tetapi saya kagum dengan ide cerita dan gaya penceritaannya meskipun pada beberapa bagian banyak terdapat kejanggalan cerita. Filmnya? Garapan Riri Reza tak perlu saya ragukan lagi. Mantabbb


5. La Tahzan [Dr. Aidz Al Qarni]
Saya sengaja membelinya untuk saya koleksi. Sampai sekarang belum selesai-selesai juga buku itu saya baca. Hanya sesekali saat saya butuh nasehat atau temen saya butuh nasehat saya ambil dari buku itu. Cukup lengkap menurut saya nasehat yang terkandung dalam buku itu. Seperti sari dari bukunya Imam Al Ghozali. Saya beli bulan Ramadhan ditempatnya Pak Yanto, masjid RS. Karyadi saat saya masih tinggal di Semarang.


6. Sekolahnya Manusia [Munif Chotib]
Awalnya tertarik dari presentasi seorang GM di kantor saat briefing pagi. Presentasinya pagi itu membuat beberapa orang meneteskan airmata (tapi saya ndak ikut-ikutan nangis kok, suerrr). Karena memang bisa jadi orang lain melakukan kesalahan dalam hidupnya disebabkan oleh kesalahan kita dalam memperlakukan mereka. Buku ini mengajarkan kita tentang bagaimana mengajar yang baik sehingga anak-anak didik itu bener-bener sebagai anak manusia, bukan bebek atau robot.


7. 5 cm [Dony Dirgantoro]
Novel yang cukup unik. Setiap baca novel ini mengingatkan saya pada masa-masa saat SMP sampai putih abu-abu dulu alias SMA. Saat-saat dunia penuh tantangan, naek gunung-gunung tinggi di Jawa, backpaking kesana kemari, touring bawa motor dari Pekalongan ke Bogor, sampai ikutan balap motor...fiyuhhh. Seperti tertuliskan dalam sebuah hadist “kita adalah dengan siapa kita bergaul”. Teringat saat nongkrong bareng dengan Afri, Bryan, dkk yang slalu bisa menghadirkan tawa dan semua mimpi-mimpi yang “aneh-aneh” (tapi yang positif) namun bisa terwujud. Oia, makasih buat orang yang udah menghadiahkan novel ini


8. 5 Menara [A. Fuadi]
Hasil referensi. Membaca novel ini mengingatkan saya pada sahabat-sahabat saya alumni Ponpes Assalam, Solo. Kehidupan pesantren menghadirkan cerita sendiri, meskipun kadang dipandang sebelah mata, ternyata menjadi cerita lain bagi A. Fuadi dan saya sendiri termasuk orang yang mendambakan pengin masuk pesantren saat lulus SMP dulu.


9. Ayo Memotret dengan DSLR [Yuliadi Kusuma]
Diantara buku-buku dan majalah fotografi yang saya koleksi, buku ini paling saya suka. Simpel dan cukup lengkap isinya. Mudah dipahami dan diaplikasikan. Bagaikan buku saku buat saya. Dan saya rekomendasikan bagi siapapun yang ingin atau sedang belajar fotografi digital.


10. Dongeng Sebuah Produksi Film [Tino Saroengallo]
Cita-cita yang belum terwujud, menuliskan sebuah skenario film dan atau terlibat dalam pembuatan film. Buku ini menceritakan detail dan seluk beluk sebuah produksi film. Dari hal yang kecil sampai hal-hal yang besar semua dibahas. Buku ini saya pinjam dari mantan Obos saya, namun sampai sekarang belum saya kembalikan.hehehe...buat saya aja ya bozz


11. ....................[Sakti Wibowo]
Saya suka kalimat ini “Jika suatu saat aku menikah, aku tidak ingin menikah dengan seorang ikhwan (laki-laki) yang sekedar patuh pada guru ngajinya saat menyatakan si fulanah seorang shalihah. Aku ingin ikhwan tersebut memilihku menjadi istrinya karena dia melihat sesuatu yang istimewa pada diriku”.


12. ESQ [Ary Ginanjar Agustian]
Saya baca pertama kali minjem dari perpustakaan masjid Al Azhar Semarang dan semakin melengkapi dari buku The Magic Of Thinking Big yang saya baca sebelumnya. Sampai sekarang sih masih pengin ikutan trainingnya, tapi “kantong” saya sepertinya belum menjangkau *berharap ada gretongan:D


13. Merajut Cahaya [Asma Nadia, dkk]
Hihihi...Antologi cerpen yang membawa kisah panjang dalam kehidupan saya. Gara-gara membaca cerita berjudul “ Sepotong Kenangan untuk Ui” yang ditulis oleh Mbak Sita Resmi, saya tersihir untuk bisa tinggal di Bandung dan sekarang itu benar-benar terwujud. Entah apa istimewanya, sampai sekarang saya masih suka mengulang-ulang membacanya dan berharap “someday” saya bisa bersilaturahmi dengan Mbak Sita secara langsung. Antologi ini saya dapat hibah dari Mbak Novi temen di milis setelah saya sengaja memposting tulisan bahwa saya mencari Antologi ini, karena dulu cuma sempet membacanya minjam dari temen di Al Azhar Semarang.


14. Undang-undang kesehatan [ lupa..]
Hahaha...kok ikutan masuk nominasi sih? Eitt..eitt...jangan diketawain dulu. Bagi saya, ini bagaikan kitab sakti. Buku ini berisikan aturan-aturan dalam bidang kesehatan dan pelayanan kesehatan, secara dari sinilah kebijakan-kebijakan bidang yang saya geluti sekarang diambil. Buku ini hibah dari Bu Emma, dosen saya dulu. Kata beliau waktu itu “ Bud, ini buat kamu, kenang-kenangan dari Ibu. Ibu yakin suatu saat kamu membutuhkannya”. Ehh lah kok sekarang terbukti. Deuhhh pa kabar Bu Emma ya? Makasih Ibu...


15. Undang-undang Ketenagakerjaan [lupa juga..]
Lahhh ini apalagi. Oia, buku ini juga bagaikan buku “primbon” bagi saya. Saat orang menanyakan hak-haknya sebagai karyawan, dari buku inilah saya menjawabnya. Dari buku inilah saya dan kawan-kawan di bagian yang menangani hak-hak dan kewajiban karyawan dalam mengambil kebijakan-kebijakan. Baik itu hak-hak lembaga/perusahaan maupun kewajiban-kewajibanya.


Selain buku-buku diatas, tentunya masih banyak lagi buku lain yang juga sangat banyak pengaruhnya dalam kehidupan saya dan cukup membekas dalam memori untuk diingat.

No comments: